Jasa Ukir Online – Jasa Ukiran Khas Jepara

kami menerima jasa pengukiran majapahit kuno, mataram, modern eropa dan ukiran khas jepara lainnya serta jasa design ukiran

Pemkab Jepara Pamerkan Puluhan Ukiran Klasik

Posted by amiruljepara on September 30, 2011

Ukiran klasik jepara

Ukiran klasik jepara

Jepara, 16/7 (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah, akan memamerkan puluhan ukiran klasik karya pelajar sejak 1923 hingga 1950.

“Target kami semua ukiran klasik yang merupakan hasil karya pelajar sejak 1920-an ditampilkan semua untuk menyemarakkan kegiatan Hari Ulang Tahun ke-461 Kota Jepara di Alun-alun Jepara Sabtu (17/7),” kata Kordinator Kegiatan Hari Ulang Tahun ke-461 Kota Jepara, Hadi Priyanto, di Jepara, Jumat.

Selain memamerkan ukiran klasik karya pelajar SMP 6 Jepara, katanya, akan dipamerkan pula hasil ukiran pelajar SMP 1 Tahunan, SMK Negeri 2 Jepara, dan Sekolah Tinggi Teknologi dan Desain (STTD) NU Jepara.

Selain itu, katanya, ikut dipamerkan juga karya pengrajin berasal dari sentra ukir dan patung Mulyoharjo yang tergabung di Organisasi Central Industri (OCI).

Ia menjelaskan, SMP 6 Jepara semula merupakan sekolah pertukangan dengan nama “Openbare Ambacht School”. Sekolah itu berdiri pada 1929, zaman penjajahan Belanda.

Sekolah yang resmi berdiri 1 Juli 1929 tersebut, katanya, sempat berubah nama menjadi “Kosyu Gakko” pada jaman penjajahan Jepang dan Sekolah Pertukangan pada awal kemerdekaan, dan hingga saat ini menjadi SMP 6 Jepara.

Kesempatan menyaksikan hasil ukiran para pelajar sejak 1929 itu, katanya, sebagai peristiwa langka.

Dia berharap, masyarakat menyaksikan pameran tersebut.

Pada kesempatan itu berlangsung pemecahan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk lomba mengukir dengan jumlah peserta 512 orang di Alun-Alun Jepara, Sabtu (17/7).

“Awalnya, target peserta hanya sekitar 416 sesuai dengan Hari Ulang Tahun ke-461 Kota Jepara,” ujarnya.

Ternyata, kata dia, animo masyarakat cukup besar yakni mencapai 512 peserta. Mereka berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, dan umum.

Ketua OCI, Purwanto, mengatakan, hasil karya yang akan dipamerkan di antaranya berbagai patung klasik, kontemporer, dan relief perjamuan.

“Termasuk pameran praktik tahapan pembuatan patung,” ujarnya.

sumber : Pemprov Jateng

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: