Jasa Ukir Online – Jasa Ukiran Khas Jepara

kami menerima jasa pengukiran majapahit kuno, mataram, modern eropa dan ukiran khas jepara lainnya serta jasa design ukiran

Ragam hias Cirebon

Posted by amiruljepara on September 26, 2011

motif ukiran cirebon

motif ukiran cirebon

Ragam hias Cirebon mempunyai corak yang paling mudah dicari ciri khasnya, karena adanya unsur motif Tiongkok disini. Sedangkan pada ragam hias lainnya tidak, yaitu motif awan dan bukit karang yang digubah.
Pada dasarnya ragam hias tersebut dapat dibedaka menjadi tiga bagian, yaitu ragam hias awan, bukit batu karang dan motif tumbuh-tumbuhan. Masing-masing mempuyai ciri khas yang menunjukkan perbedaan antara yang satu dengan lainnya.

Ragam hias awan dapat diketahui, bahwa dari adanya garis sudut menyudut yang terpanjang dari pilin-pilin berupa belah ketupat yang letaknya mendatar. Pada rangkaian belah ketupat tersebut tidak terdapat bentuk tanam-tanaman. Dan akhirnya ragam hias tersebut dapat dikenal dari penempatannya.

Ragam hias bukit batu karang dapat diketahui dari adanya tanam-tanaman yang tumbuh keluar dari rangkaian batu karang tersebut, yang digambarkan sebagai pilin-pilin serupa belah ketupat yang berantai, bagian pinggir bergelombang dan sudunya dibulatkan. Garis sudut-menyudut yang terpanjang dari belah ketupat berdiri tegak.

Adapun ragam hias Cirebon yang bentuknya merupakan gubahan dari tumbuh-tumbuhan (daun pakis), mempunyai bentuk hamper sama dengan bentuk ragam hias Pejajaran, namun unsurnya tidak sebanyak unsur ragam hiasa Pejajaran.

Begitu pula pelakasanaan timbul cekungnya menunjukkan adanya perbedaan yang jelas sekali. Ragam hiasCirebonbentuk tumbuh-tumbuhan terdiri dari : Daun pokok, Angkup, Trubusan, Benangan dan Pecahan.

Uraian :

“Daun Pokok”
Bentuknya sama dengan daun pokok pada ragam hias Pejajaran.
“Angkup”
Angkup ragam hias Cirebon mempunyai bentuk serupa dega angkup ragam hias Pejajaran. Tetapi pada ujungnya tidak terdapat ulir, dan tumbuh tanpa tangkai yang panjang.
“Trubusan”
Daun trubusan pada ragam hias ini dibuat besar dan tidak terpisah dari daun pokok. Bentuknya serupa dengan sunggar ragam hias Bali.
“Benangan dan Pecahan”
Benangan dan Pecahan mempunyai fungsi dan tempat yagn sama  dengan ragam hias lainnya, namun pembentukannya sudah berbeda.

About these ads

2 Responses to “Ragam hias Cirebon”

  1. […] ini mendapat pengaruh dari ajaran Islam, sehingga lahirlah corak-corak baru seni , antara lain (Cirebon, Pekalongan, Jepara, Madiun) kemudian di teruskan lagi dengan seni ukir Mataram, Yogyakarta dan […]

  2. sukarso said

    Sangat bagus sekali, termasuk kekayaan budaya bangsa indonesia yang harus kita lestarikan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: